Perusahaan Harus Berseragam!

Meski sekarang jaman sudah bergeser dimana formalitas tidak lagi terlalu relevan, tapi ada satu hal yang sebaiknya tetap dipegang oleh sebuah perusahaan karena sangat penting, yakni memakai baju seragam. Mengapa? Berikut 5 alasannya:

Dapat Meningkatkan Produktivitas

Studi menunjukkan bahwa memakai “pakaian kerja” tertentu memiliki dampak mental terhadap produktifitas tiap individu. Ini dikarenakan pakaian tertentu memegang makna simbolis bagi manusia, jadi, sama seperti mengenakan pakaian di gym misalnya, bisa membuat orang merasa lebih bugar dan fokus untuk berolahraga, mengenakan pakaian kerja yang spesifik akan membuat orang merasa lebih fokus bekerja. Pertimbangkan bagaimana kebanyakan orang berubah setelah bekerja. Tindakan psikologis untuk mengganti pakaian selain daripada seragam memungkinkan karyawan Anda menyadari bahwa mereka “tidak sedang bertugas “. “Oleh karena itu, tidak peduli kode pakaian yang Anda pilih – dari mulai casual hingga formal – memberi karyawan Anda seragam berdampak positif pada produktivitas kerja secara keseluruhan.

Mempromosikan Rasa Aman dan Kebanggaan Tersendiri

Jika seorang karyawan adalah bagian dari tim penjualan yang berforma tinggi, misalnya, dan setiap orang mengenakan setelan jas yang disesuaikan dengan selera fashion yang tinggi, dan ada satu orang yang mengenakan pakaian yang berbeda dari yang lainnya,tanggung jawab, dan citra perusahaan akan menjadi berkurang. Memiliki seragam tertentu di tempat kerja akan membuat karyawan Anda bangga dan merasa bertanggung jawab atas hasil kerja yang baik karena setiap dari mereka akan tahu bahwa mereka mewakili perusahaan Anda.

Menunjukan Kredibilitas dan Respek

Kita semua ingin merasa dihargai dan tahu bahwa orang yang Anda temui dan berbisnis dengan Anda telah mempertimbangkan bagaimana berpakaian untuk acara tersebut; berdasarkan hubungan yang mereka miliki dengan Anda, di mana Anda bertemu dan apa tujuan pertemuan tersebut. Etiket tersebut adalah hal yang normal. Setiap orang yang Anda temui harus dapat merasa Anda hargai termasuk juga menghargai waktu dan alasan mereka untuk bertemu. Ini juga dapat menunjukkan kredibilitas Anda sebagai seorang profesional.

Membuat Nama Perusahaan Semakin Dikenal Luas

Jika Anda menggunakan seragam, maka Anda bisa membangun merek perusahaan dengan kode berpakaian tersebut. Dengan memakai seragam, para karyawan akan lebih mudah dikenali jika pelanggan membutuhkan bantuan. Untuk perusahaan yang berbasis pelanggan dan berhadapan langsung dengan mereka, memiliki seragam yang membentuk merek perusahaan mungkin merupakan ide bagus. Namun, pastikan untuk memikirkan karyawan Anda juga, berikan pilihan seragam, dan pastikan seragam itu modis dan nyaman dipakai bagi semua karyawan Anda, baik pria maupun wanita.

Terlihat Lebih Cerdas

Kode berpakaian tidak selalu identik dengan seragam, tapi, tergantung pada industri Anda, Anda mungkin ingin menganggap seragam sebagai cara agar karyawan terlihat lebih pintar dan berpakaian sesuai dengan merek perusahaan Anda. Terlepas dari apakah model pakaiannya merupakan seragam atau tidak, menetapkan apa yang orang harus kenakan ke kantor adalah ide bagus. Dalam kebijakan Anda, tentukan jenis tampilan yang Anda inginkan. Jika setiap orang harus memakai jas, maka tetapkanlah demikian. Jika kaos tidak apa-apa asalkan tidak robek dan terlihat sesuai, maka perbolehkanlah. Banyak kantor menyarankan tampilan “bisnis santai” adalah yang terbaik, tapi “bisnis santai” tidak menjelaskan secara spesifik apa yang harus dikenakan. Apakah celana khaki berwarna untuk pria dengan kemeja button-down dan dress celana dengan blus untuk wanita? Berikan gagasan realistis kepada karyawan tentang apa yang harus mereka kenakan untuk memastikan setiap orang terlihat cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *